Pencarian
Banner
Akun Facebook Resmi
Agenda
27 July 2021
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
Galeri TKIT
Galeri SDIT
Galeri SMPIT

Sampai Kapan PJJ Yapidh?

Tanggal : 03/04/2021, 09:49:45, dibaca 220 kali.

Tidak terasa, setahun sudah pandemi Covid 19 telah menjadi ujian bagi dunia, termasuk bangsa Indonesia. Ada yang terpuruk menghadapi ujian pandemi Covid 19 ini. Namun, ada pula yang bangkit. Ada yang merasa nyaman, ada pula yang merasa bosan dengan kebiasaan yang dipaksakan semasa pandemi ini. 

Tak dapat dipungkiri. ada beberapa hal yang semula aneh, bahkan cenderung dipaksakan, misalnya belanja dari rumah, bekerja dari rumah, bahkan belajar dari rumah. Yang terakhirlah yang semuala mendapatkan respon beragam. Bagaimana mungkin para siswa belajar dari rumah? Bagaimana mungkin para siswa belajar tanpa guru sebagai pembimbing? Bagaimana mungkin orangtua menggantikan peran guru mendampingi anak-anaknya belajar di rumah? Dan masih ada pertanyaan lainnya. Setahun kita belajar, setahun kita mendapatkan berbagai pengalaman menarik dari adanya Pembelajaran Jarak Jauh. Anak-anak belajar bagaimana berinteraksi dengan guru jarak jauh, Orang tua belajar bagaimana berperan sebagai guru, dan Guru belajar menggunakan beragam media online. Mungin hal ini merepotkan, tapi inilah salah satu hikmah dari ujian Pandemi Covid 19.

Jika siswa, orang tua, dan guru adalah individu-individu yang merasakan lansung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), maka sekolah dan lembaga pendidikan adalah perancang dan koordiantor agar semua hal tersebut berjalan lancar. Sekolah dan lembaga pendidikan berkewajiban menyusun jadwal, menyediakan fasilitas akses internet, bahkan menyediakan link-link media pembelajaran. Yapidh, sebagai institusi yang mengelola beberapa jenjang sekolah, tentu memiliki kewajiban yang sama agar PJJ bisa berlangsung dengan lancar. Penyediaan perangkat WiFi, langganan zoom meeting, dan fasilitas lain sebagai sarana utama penyelenggaraan PJJ telah dimaksimalkan penggunaannya. Demikian pula hal terkait pembinaan guru dan siswa telah dilaksanakan secara Online, baik oleh yayasan maupun oleh sekolah secaea khusus. Pelatihan pembuatan media online,  pengembangan profesi guru, dan seminar-seminar pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pendidik tidak luput diadakan secara online oleh Yayasan. Tidak hanya pembelajaran umum yang dilakukan secara online, materi-materi pesantren, setoran hafalan, bshksn pembinaan siswa secara kolektif, seminar pendidikan, bahkan class meeting telah dilakukan secara online  oleh sekolah. 

Setahun PJJ telah berlangsung, ada yang nyaman ada yang bosan. Demiikian pula sivitas Yapidh secara keseluruhan, guru, karyawan, siswa, dan orang tua merasakan hal yang sama, ada yang nyaman ada yang bosan. Banyak masukan dari orang tua, agar PJJ segera berakhir, minimal untuk siswa Boarding agar diperkenankan belajar di asrama, Yapidh telah mencoba hal tersebut, terutama untuk pesantren Yapidh 3 Sentul - Bogor. Namun, sebagaimana pesantren-pesantren lainnya, yang telah membuka pembelajaran tatap muka kemudian terpapar Covid 19, terpaksa harus kembali memulangkan seluruh santri. 

Yapidh, tetap berencana mengadakan pembelajaran tatap muka, dengan lebih hati-hati dan berbagai pertimbangan jangan sampai setelah dibuka harus memulankan kembali para santri. Untuk itu, marilah kita berdoa, dan sama-sama berupaya meminimalisasi dan berperan aktif memutus mata rantai Covid 19. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kegiatan belajar kembali normal, tanpa khawatir terpapar dan tanpa khawatir tertular. (Dadi Kusdiman --Humas Yapidh)




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas