Pencarian
Banner
Akun Facebook Resmi
Agenda
25 October 2020
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
Galeri TKIT
Galeri SDIT
Galeri SMPIT

Di Rumah Aja

Tanggal : 04/22/2020, 14:28:25, dibaca 462 kali.

Virus pandemik Covid 19 yang yang melanda dunia, mau tidak mau telah mengubah tatanan sosial dan aktivitas manusia. Hal ini berdampak pula pada kegiatan belajar mengajar yang dialami oleh seluruh lembaga pendidikan baik yang ada di Indonesiamaupun negara-negara lain. Sejalan denganitu, Yayasan Perguruan Islam Darul Hikmah (Yapidh) yang mengelola lembaga pendidikan dari TK sampai Sekolah Tinggi pun menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah. 
Perubahan sistem, metode, dan penedekatan pembelajaran telah disiapkan dan dilaksanakan lembaga=lembaga pendidikan yang ada di Yapidh sesuai dengan kebutuhan dan jenjang pendidikan. Penggunaan jejaring sosial seperti pesan, Voice, Note, Video Call WAG merupakan alternatif komunikasi antara sekolah dan orangtua atau para siswa. Pemanfaatan Google Clasroom, Quizizz, Google Duo, bahkan Zoom Meeting dan YouTube, telah mendorong kreativitas para guru serta menambah wawaasan para siswa. Brbagai pengalaman pembrlajaran pun menjadi lebih variatif ada yang senang, ketagihan, walau ada juga yang terbebani.
Reaksi orang tua pun beragam, ada yang mendukung penuh program Belajar dari rumah (Home Learning), ada juga yang mengeluh karena harus membimbing, mengarahkan, bahkan mencarikan jawaban untuk putra-putrinya. Bisa dibayangkan seorang ibu yang biasanya pulang kerja langsung istirahat, pada saat berlaku Home Learning, ia langsung dicecar pertanyaan putra-putrinya karena belum mengumpulkan tugas. Dan tidak terbayang sebelumnya, orang tua yang tadinya hanya berharap putra-putrinya hanya dididik para guru, tiba-tiba kini dialah yang harus menggantikan peran guru, mengajar semua pelajaran, ya....semua pelajaran, matematika, bahasa Inggris, juga bahasa Sunda. Inilah hikmahnya, banyak hal baru yang kita dapat setelah adanya anjuran di rumah saja.
Yapidh, sebagai institusi yang mengelola pendidikan formal dan pesantren, tentu harus menyiapkan sistem dan mekanisme pemebelajaran yang lebih beragam. Selain menfasilitasi Program Pembelajaran Jarak Jauh juga memfasilitasi setoran hafalan alquran jarak jauh, baik untuk siswa SMPIT dan SMAIT Boarding maupun untuk santri Ponpes Tahfidz Sentul. Beberapa agenda lain pun tetap terlaksana seperti Kuliah Jarak Jauh untuk mahasiswa STIU Darul Hikmah, bahkan acara Tarhib Ramadhan yang dimotori oleh DKM Darul Hikmah sebagai penyedia Channel YouTube telah sukses mengajak keikutsertaan para siswa, orang tua dan masyarakat untuk berperan serta aktif mengikuti kajian melalui kanal ini. Tarhib Ramadhan yang biasanya serempak diadakan untuk masyarakat dan semua sekolah yang ada di Yapidh, untuk kali ini dibagi menjadi empat agenda, ada kanal khusus untuk masyarakat, untuk orang tua dan siswa TKIT dan SDIT, untuk orang tua dan santri Ponpes Tahfidz Sentul, dan untuk orang tua serta siswa SMPIT dan SMAIT Yapidh. Walaupun keempat agenda tersebut merupakan program perdana, tetapi bisa dikatakan sukses, ini terihat dari jumlah pengunjung di kanal-kanal tersebut. THal ini tentunya tidak terlepas dari dukungansemua pihak, terutama peran serta aktif orang tua dan masyarakat.
Entah sampai kapan ujian Covid 19 ini akan berakhir, hanya Allah Swt yang tahu. Untuk itu, marilah kita panjatkan doa semoga Allah Swt senantiasa melimpahkan kesehatan kepada kita semua, semoga kita bisa memanfaatkan momen Ramadhan untuk meningkatkan kuantitas dan kuaalitas ibadah kita, dan semoga kita mendapatkan rida dan ampunan-Nya. Aamiin



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas