Pencarian
Banner
Akun Facebook Resmi
Agenda
25 November 2017
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Galeri TKIT
Galeri SDIT
Galeri SMPIT
  1. SEJARAH SINGKAT

 

SMAIT Yapidh dibuka mulai tahun pelajaran 2000/2001. Jenjang ini merupakan lanjutan SMPIT Yapidh. Selain kurikulum pesantren, pada jenjang ini dipadu juga dengan Kurikulum Pendidikan Nasional yang senantiasa menyesuaikan dengan kebijakan terkini, seperti penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ataupun KTSP.

Pada awalnya SMA IT Yapidh memfasilitasi semua jurusan yang ada seperti jurusan IPA, IPS, bahkan Bahasa. Namun, untuk memaksimalkan program terpadu yang diterapkan di Yapidh, maka SMA Yapidh hanya membuka program IPS sebagai alternatif, mengingat lebih memungkinkan untuk penerapan kurikulum terpadu yang berjalan selama ini.

Namun, sejalan dengan penerapan Kurikulum 2013, yang mengharuskan penjurusan/peminatan dilakukan sejak jelas X, maka SMAIT Yapidh, sejak tahun pelajaran 2014-2015, kembali membuka program IPA/MIA selain program IIS/IPS. Langkah ini dilakukan sebagai upaya memfasilitasi alumni SMPIT Yapidh yang ingin tetap belajar di Ponpes Yapidh, tetapi berminat ke jurusan IPA. (Lihat artikel SMAIT Yapidh kembali membuka program IPA, di web ini)

Untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar SMAIT Yapidh memberdayakan guru-guru dengan latar belakang pendidikan S1, S2, dan S3 dari berbagai perguruan tinggi negeri/swasta, baik dalam maupun luar negeri.

 

 2. JENJANG AKREDITASI

 SMAIT Yapidh telah diakreditasi oleh  Badan Akreditasi  Sekolah /Madrasah (BAN-S/M) dengan Nomor Sertifkasi Akreditasi : 02.00/440/BAP-SM/XI/2008  tanggal 25-11-2008 dengan peringkat : A (Amat Baik )

 3.  VISI

“Mencetak Generasi yang Faqih dan Qur’ani”

Faqih berarti memiliki pemahaman tentang ilmu, baik  umum maupun ilmu agama.  Sedangkan Qurani berarti menecerminkan akhlaq dan perilaku sebagaimana terdapat dalam alqur’an. Dengan demikian, SMA IT Yapidh sejalan dengan visi Yayasan perguruan Islam Darul Hikmah (Yapidh) berupaya mencetak lulusan yang memahami ilmu-ilmu umum dan ilmu-ilmu agama secara seimbang serta berupaya membentuk akhlaqul kharimah sesuai dengan allquran dan hadits Rasulullah saw.

 4.  MISI: 

    1. Melahirkan generasi yang memiliki aqidah yang kuat, pemahaman Islam yang benar dan berakhlaq Mulia
    2. Membangun generasi Qur’ani yang tartil dalam membacanya, benar dalam mentadaburinya, baik dalam menjaga hafalan dan semangat dalam mengamalkannya.
    3. Mewujudkan generasi yang cerdas da kreatif, tangguh dan mandiri, peduli dan bertanggung jawab melalui proses pendidikan yang terpadu, seimbang dan berkelanjuatan.

 5.       TUJUAN

Mengarahkan siswa/siswi:

  1. Memahami nilai-nilai Islam dan memilki akhlaqul karimah
  2. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, Arab, dan Inggeris secara aktif;
  3. Memiliki kemampuan akademis yang optimal sebagai bekal melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi;
  4. Memiliki kemampuan manajerial, mengerjakan tugas, dan bekerja dalam tim dengan penuh percaya dan tenggang rasa; dan
  5. Menjadi seorang da’i/da’iah yang handal.

Sasaran Kemampuan Khusus

Iman dan Takwa

1, Hafal Alquran minimal 4,5 (empat setengah) juz selama dalam waktu 3 tahun;

2. Terbiasa membaca membaca dan memahami alquran;

3. Terbiasa shalat berjamaah di awal waktu dan melaksanakan shalat malam;

4. Terbiasa melaksanakan puasa sunnah, minimal 1 x sepekan;

5. Mampu memanajemen waktu.

 

Ilmu Pengetahuan dan Teknaologi

  1. Memiliki nilai lebih tinggi dari KKM;
  2. Lulus UAS dan UN dengan nilai memuaskan;
  3. Lulus seleksi SNPTN;
  4. Menguasai Teknologi Komunikasi dan Informasi
  5. Mampu melakukan penelitian,  menulis artikel, dan laporan sederhana;

 

Kemampuan Lain

1, Mampu berbahasa Arab dan/atau Inggris

2. Siap ditunjuk menjadi tenaga khotib dan imam

3.Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan keluarga dan masyarakat


6.       DAFTAR KEPALA SEKOLAH YANG PERNAH MENJABAT

 

-          Waris Sutopo, S.Pd (Periode 2000 – 2003)

-          Dadi Kusdiman, S.Pd (Periode 2003 -2007)

-          Drs. Dharta Hamid, MM (Periode 2007 – 2009)

-          Moch. Fatkhur Razaq, S.T (Periode 2009 – 2011)

-          Nurmiyati, S.Pd (Periode 2011 – Sekarang)

7.MUATAN KURIKULUM DAN SISTEM PENILAIAN

 a.       Mata pelajaran

Mata pelajaran wajib:

Mengingat SMA IT Yapidh, merupakan sekolah terpadu, maka mata pelajaran wajib tidak hanya pelajaran yang ber sumber dari Departemen PendidikanNasional dipadu dengan mata  pelajaran kepesantrenan. Selanjutnya mata pelajaran kepesantrenan ini dimasukkkan ke dalam rumpun Pendidikan  Agama Islam.

Secara lengkap Mata Pelajaran yang diberikan di SMA IT Yapidh adalah sbb:

Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Penjas, Seni & Budaya, dan Keterampilan.

 b.      Muatan Lokal

 Siswa SMA IT Yapidh ada yang tinggal di asrama (Boarding) dan ada yang tidak (Fullay).

Penambahan wawasan bagi para siswa SMA IT Yapidh difasilitasi dengan adanya tambahan mata pelajaran muatan lokal yang berciiri khas pondok pesantren yaitu Mata Pelajaran Tafsir, Hadits, Shiroh, Nahwu, Shorof, Fiqh, Ushul Fiqh, Ulumul Qur’an,Balaghoh, Khot Imla ditambah dengan muatan lokal yang sesuai dengan program Diknas yaitu Bahasa Arab pengenalan bahasa Sunda.

 c.  Kegiatan Pengembangan Diri

 Sejalan dengan visi dan misi SMA IT Yapidh, maka program pengembangan diri dititikberatkan pada program-program yang terkait langsung dengan visi dan misi.

 

Oleh karena itu, program pengembangan diri yang ada di SMA IT Yapidh dibedakan menjadi program wajib dan program pilihan. Program wajib berupa keharusan siswa menghafal alqur’an, merupakan syarat mutlak bagi siswa yang ingin melanjutkan sekolah di SMA IT Yapidh. Program ini merupakan komitmen bersama antara yayasan, pondok pesantren, komite sekolah, pengelola sekolah, dan para siswa. Target yang harus dicapai untuk semua lulusan SMA IT Yapidh adalah 4,5 Juz.

 8. KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Kegiatan Extrakurikuler yang bersifat wajib adalah Pramuka, sedangkan yang sifatnya pilihan di antaranya: khitobah (pidato), English Club, Arabic Club, basket, badminton, footsal, vollyball, kepanduan, dan bela diri. Selain itu, untuk siswa putri secara khusus diberikan pilihan lain berupa program keputrian, seperti memasak, menyulam, dan kaligrafi.

Kegiatan Extrakurikuler yang bersifat wajib adalah Pramuka, sedangkan yang sifatnya pilihan di antaranya: khitobah (pidato), English Club, Arabic Club, basket, badminton, footsal, vollyball, kepanduan, dan bela diri. Selain itu, untuk siswa putri secara khusus diberikan pilihan lain berupa program keputrian, seperti memasak, menyulam, dan kaligrafi.